Saat Gempa Palu, Wakil Wali Kota Pasha Ungu Sedang Urusi Ini



Dikabarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Sulawesi Tengah terjadi gempa 7,7 SR pada 17:02 WIB.

Ibukota Provinsi, Kota Palu justru sedang mempersiapkan pembukaan perhelatan Pesona Palu Nomoni ke 3 sebagai rangkaian HUT ke 40.

Melalui akun instagram Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo atau yang dikenal Pasha Ungu terlihat menghadiri persiapan tersebut.

Hal itu diketahui melalui story instagramnya @ pashaungu_vm satu jam yang lalu.

Ia yang mengenakan baju kaos berwarna biru dan topi hitam terlihat berada tepat di Anjungan Palu satu jam lalu bersama sejumlah pejabat setempat.

"Assalamualaikum Indonesia, sekarang kita berada tepat di depan panggung anjungan dalam kegiatan pembukaan Palu Nomoni 3," ujar Pasha dalam video instastorynya

Pesona Palu Nomoni 3

Festival Pesona Palu Nomoni ke 3 merupakan perhelatan yang menyajikan berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Kegaitan tersebut akan digelar pada 28/9/2018 sampai 3/10/2018 mendatang.

Dalam rangka melestarikan kearifan budaya masa lalu yang sudah ratusan tahun tenggelam.

Penyajiannya di kemasan atraksi seni pertunjukan yang mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan yang arif dan luhur.

Selain itu, kegiatan ini sebagai media promosi pariwisata yang mampu menyedot 800 ribu wisatawan, 500 ribu diantaranya dari mancanegara.

Kondisi Pasca Gempa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut status peringatan dini Tsunami pasca hempa yang terjadi di Donggala Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

"#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.7, tanggal: 28-Sep-18 17:02:45 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG," diumumkan BMKG melalui twitter resmi lembaga tersebut.

Sementara itu Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan pihaknya masih melakukan pendataan.

"Rumah roboh dekat pusat gempa M 5.9 yang mengguncang Donggala.

Beberapa rumah dilaporkan rusak. Pusat gempa di darat berasal dari sesar Palu sehingga dirasakan guncangan keras.

Pendataan masih dilakukan.

1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak akibat gempa dengan kekuatan magnitudo 6 mengguncang Donggala Sulawesi Tengah.

Daerah yang mengalami kerusakan ada di Kec Sinreja Kab Donggala yang dekat pusat gempa. Gempa susulan masih terus terjadi," ungkapnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat menetapkan empat daerah berpostensi tsunami setelah gempa yang melanda Donggala Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

"Peringatan Dini #Tsunami untuk wilayah: SULBAR, SULTENG, Gempa Mag:7.7, 28-Sep-18 17:02:44 WIB, Lok:0.18 LS, 119.85 BT (27 km TimurLaut DONGGALA-SULTENG), Kedlmn:10 Km #BMKG," tulis BMKG melalui twitter resmi.

BMKG merilis ada empat daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan.

Daerah tersebut yakni:

Donggala Bagian Barat (sulteng) : Siaga

Donggala Bagian Utara (Sulteng) : Waspada

Mamuju Bagian Utara (Sulbar): Waspada

Kota Palu Bagian Barat (sulteng) : Waspada

Bagi daerah yang berstatus Siaga, Pemerintah provinsi/kabupaten kota yang berada pada status siaga diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi

Sementara daerah yang berstatus waspada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/kota yang berada pada status waspada diharap memperhatikan dan segera mengerahkanmasyarakat untuk menjauhi pantai.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengumumkan peringatan dini TSUNAMI di SulawesI Tengah dan Sulawesi Barat menyusul gempa berkekuaran 7,7 Skala Richter yang terjadi, Jumat (28/9/2018) Pukul 17.02.44 Wib.*&)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Saat Sulteng Diguncang Gempa, Wakil Wali Kota Pasha Ungu Sedang Urusi Acara Pesona Palu Nomoni,