Guru Pergoki Pelajar SMA Sendirian di Kelas Hingga Larut Malam, Sungguh Bikin Haru Penjelasannya



Sebuah foto yang menunjukkan siswa duduk sendirian di kelas menjadi viral di media sosial. Tidak semua anak memiliki fasilitas yang memadai untuk belajar. Terkadang mereka harus memikirkan cara supaya bisa tetap belajar di tengah-tengah kondisinya yang terbatas.

Seorang siswa di SMA Nasional Malusak di Atimonan, Quezon, Filipina tertangkap kamera tengah berada di kelas sendirian setelah jam sekolah usai.


Dilansir Tribunnews dari Coconuts Manila, foto siswa ini diambil oleh guru sekolah tersebut, Mark Pee Ortil Pornasdoro pada Kamis (13/9/2018) kemarin.

Pornasdoro saat itu tengah melakukan patroli keliling di sekitaran sekolah pada pukul 19.30 waktu setempat.

Perhatiannya terhenti pada sesosok siswa di sebuah kelas saat ia berjalan di koridor sekolah. Saat diamati, Pornasdoro mengenali sosok siswa tersebut.

Ia adalah Jeric Reyes, siswa kelas 11 di SMA Nasional Malusak. Menurut pengakuan Pornasdoro, hanya ada Reyes yang ada di dalam kelas tersebut.

Usut punya usut, Reyes tetap berada di sekolah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan Pornasdoro.

Awalnya, Pornasdoro meminta para siswa menyerahkan tugas mereka pada Rabu (12/9/2018) pukul 17.00. Jeric Reyes tetap berada di kelas usai jam pulang sekolah. Namun, karena seisi kelas menerima hukuman, jadwal pengumpulan pekerjaan rumah diundur.

Sementara kebanyakan siswa lainnya memilih untuk menunda mengerjakan tugas, Reyes masih bertahan di sekolah untuk menyelesaikannya.

Seorang guru di Filipina memergoki siswa laki-lakinya berada di kelas sendirian saat malam hari. (Facebook/Mark Pee Ortil Pornasdoro)
Yang menjadi pertanyaan Pornasdoro adalah mengapa Reyes rela menghabiskan waktu esktra di sekolah padahal jam pulang sudah berlalu.

Seorang guru di Filipina memergoki siswa laki-lakinya berada di kelas sendirian saat malam hari.

Ternyata alasan Reyes mengerjakan tugas di sekolah membuat Pornasdoro terkejut. Rumah Reyes yang berada di desa Barangay tak memiliki aliran listrik sehingga hanya menggunakan penerangan seadanya saat malam tiba.

Reyes memilih mengerjakan tugas di sekolah karena memiliki pencahayaan yang cukup sehingga ia bisa fokus.

Kisah Reyes yang mengerjakan tugas di sekolah ini dibagikan Pornasdoro di Facebook:

"19:30 Malam ini aku pergi ke sekolah untuk melakukan patroli. Persiapan untuk berjaga-jaga saat topan datang. Dan bocah laki-laki ini menarik perhatianku, ia adalah siswaku.

Sebelumnya aku meminta tugas mereka dikumpulkan kemarin pukul 17.00, tapi aku mengundur deadline menjadi besok. Tapi, karena itulah aku terkejut.

Aku bertanya padanya apakah ia lapar, ia mengatakan akan makan nanti. Sepertinya ia sudah terbiasa berteman dengan lapar.

Ia selesai pukul 19.38.

Ia tinggal di desa Barangay dekat sini. Tidak ada aliran listrik di rumahnya. Biasanya ia menggunakan lampu gas.

Sebagai guru, siswa sepertinya menjadi alasan bagi kami untuk terus mengajar. Aku ingin menjadi guru yang baik, terlepas bagaimanapun kondisi siswa-siswaku.

19.41 Kami berpisah. Melihatnya membuatku ingin menangis, tapi hatiku tersenyum. Masih ada harapan," tulis Pornasdoro.

Hingga hari ini, Jumat (14/9/2018), unggahan Pornasdoro sudah dibagikan lebih dari 25 ribu kali.

Banyak warganet yang mengagumi sikap kerja keras Reyes meski ia masih remaja.

"Suatu hari ia pasti akan menjadi orang sukses. Kisah ini sungguh menginspirasi. Aku harap kamu tidak akan menyerah menghadapi hidup. Tetap semangat!"

"Semoga kisah ini bisa menginspirasi siswa lainnya yang malas belajar."

"Anak-anak sepertinya adalah mereka yang membuat kemajuan dalam hidup."

"Membaca ini membuatku menangis. Orang-orang yang bisa menghadapi halangan sepertinya pasti akan memiliki hidup sukses."

"Aku berharap semua siswa bisa sepertinya. Mengingat biaya yang dikeluarkan untuk bersekolah tidak sedikit."(Tribunnews.com/Pravitri Retno W)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Seorang Guru Pergoki Siswa Duduk di Kelas Sendirian saat Malam Hari, Jawabannya Buat Terharu,

Baca Sumber